Terungkap! Perilaku Dinosaurus Dewasa Mengerami Telur, Mirip Burung Modern

Terungkap! Perilaku Dinosaurus Dewasa Mengerami Telur, Mirip Burung Modern

Terungkap! Perilaku Dinosaurus Dewasa Mengerami Telur, Mirip Burung Modern

Penelitian baru seputar fosil oviraptor, membuktikan tingkah laku dinosaurus seperti T-rex yang perkasa mengerami telurnya, sama seperti yang dilakukan burung modern.

Fosil dinosaurus non-avialan pertama (spesies di luar klade dinosaurus yang terjalin bersama dengan burung), membuktikan dinosaurus dewasa duduk di atas telur yang memiliki kandungan sisa-sisa embrio.

Dilaporkan di dalam Science Bulletin, terutama embrio berada terhadap tahap yang berbeda. Ini membuktikan telur dapat menetas terhadap waktu yang berbeda, sesuatu yang umumnya ditentukan oleh induk waktu terasa mengerami.

“Ini bukan pertama kalinya oviraptor ditemukan sedemikian rupa, tapi ini pertama kalinya oviraptor dewasa mengerami telur yang memuat embrio. Ini juga merupakan oviraptor bersarang pertama yang ditemukan di luar Gurun Gobi,” kata Shundong Bi, profesor di Indiana University of Pennsylvania, seperti dikutip dari IFL Science, Senin (11/1/2021).

Brooding atau tingkah laku yang muncul terhadap ayam atau burung mengerami telurnya selama perkembangan, diakui sebagai tingkah laku yang tidak bisa saja berjalan terhadap dinosaurus non-avialan. Pasalnya, tubuhnya yang berat dapat menghimpit cangkang telur dan sanggup membuatnya pecah.

Namun, fosil baru yang ditemukan di dekat Ganzhou, China, ini adalah yang pertama. Para ilmuwan yakin keberadaan dinosaurus dewasa yang mengerami telur terhadap tahap pertumbuhan, beri tambahan pemberian kuat untuk hipotesis brooding terhadap beberapa dinosaurus non-avialan.

Selain itu, para ahli juga menyoroti tahap pertumbuhan embrio yang berbeda-beda. Artinya, kecuali pengeraman itu sukses maka telur dapat menetas terhadap waktu yang berbeda.

“Fenomena ini, yang dikenal sebagai penetasan asinkron, terlampau aneh dan tidak lazim apalagi terhadap burung modern. Penetasan asinkron tidak tersebar luas di antara dinosaurus,” jadi Bi.

Temuan baru ini beri tambahan tanda-tanda lebih lanjut dari dinosaurus dan hewan avialan yang bisa saja dimiliki oleh beberapa sepupu jauh keduanya.